Rabu, 29 Agustus 2018

Seleksi pramugara garuda indonesia 2018

Haiiii guys kali ini gw mau sharing tentang bagaimana proses seleksi untuk menjadi cabin crew di garuda indonesia, sebelumnya gw kasih tau ada beberapa tahapan yang harus dilewati untuk jadi cabin crew garuda indoneasia
1. Tes BMI (ukur tinggi sama berat badan)
2. Tes performance
3. Tes psikotes
4. Tes bahasa inggris
5. Interview potensi
6. Background check
7. Tes kesehatan (medex)
8. Pantauan akhir (pantuhir)
oh iya tulisan ini gw dedikasikan kpd semua FA wanna be yang mungkin butuh informasi buat referensi ikut seleksi pramugara. Dan gak ada sama sekali maksud dan tujuan apapun selain sharing pengalaman hehe.
1. Tes BMI (ukur tinggi dan berat badan)
Tanggal 14/7/2018 gw dtg ke GITC jam 7.30 pagii karena seleksi dimulai jam 8 pagi. Sampe disana gw sebisa mungkin ke toilet buat cek grooming hehe secara yg dinilai pertama adalah performance jd gw harus grooming seeeee maksimal mungkin hahaha (hyperbola)  next gw tunggu di antara kandidat2 lain yg udh dtg, ajak ngobrol kenalan blablabla ada yg dr luar kota juga ternyataa, gw yg dr jakarta aja kayaknya mageeeerr dtg hehe tp ke mager an gw terkalahkan dgn impian gw menjadi seorang cabin crew wkwkwk lanjut, jam 8 teng panitia membagikan nomer antrian seleksi, karena wkt itu gw merasa nothing to lose jd gw santai aja ga buru2 hehehe dapet lah gw nmr 289  !!! Gilaa hampir menyentuh angka 300 haha tp gapapa, dgn sabar dan ikhlas gw tungguuuu.
Akhirnya jam 10an gw dipanggil lahh buat tes BMI, sempet deg deg an sihhh karena tahun 2017 sempet gagal di BMI karena under weight 1 KG!!  IYA 1 KG disuruh pulang dong 
Akhirnyaaaaa gw LOLOS dong tahun iniii yeaaaayyyyy seneng bukan maiiiinnnn deh pokoknyaa haha
2. Tes performance
Oh iya selama proses seleksi, kalian senyum yaaaa dan jgn lupa tegur sapa sama orang2 sekitar hehe
Ada sekitar 6 bilik gituu di dlmnya masing2 ada 1 user yang akan interview kitaa. Pertama introduce yourself, ada yg disuruh bahasa inggris ada yg disuruh bahasa indonesia.. Inget ya guys kalo ditanya bhs inggris jawab bhs inggris kalo ditanya bhs indonesia jwb pakai bhs indonesia, setelah itu disuruh jalan bolak balik trs di cek kuku sampai ke lengan ada bekas luka atau tatto gak..
Setelah itu kita dikasih amplop kecil isinya kartu berwarna tanda kita lolos atau enggak,  berhubung gw gak kepooo yaaa jd gw ga intip dpt kartu warna apa, pas gw kasih ke panitia ternyata gw dikasih tau lolos ke tahap selanjutnyaaaaa,  lagi2 gw ucap syukur alhamdulillah banget bisa sampai lolos sampai tahap iniiiii..
Dan gw disuruh bayar registrasi 250k (sudah tertulis di form aplikasi pada saat kita daftar)  oiya fyi yaa skrg training di garuda ada biaya nya yaaa harga nya bisa di googling aja hehe
Next gw disuruh tunggu tes psikotes dan bahasa inggris di gedung yg berbeda jam 15.30 sore..  Berhubung gw sendirian akhirnya gw memutuskan cari makan di sekitar GITC..
3. Tes psikotes dan 4. bahasa inggris
Jam 15.15 lahh gw uda sampai di gedung buat tes, tes psikotes nya ada 2 bagian, yg pertama tes inteligent kalo gak salah namanya, yg kedua tes gambar pohon dan manusia, oiya tes psikotes semua ada waktunya ya guys, usahain terisi semua jawabannya, gw wkt itu ada sekitar 5 soal ga keisi hehe untungnya masih lolos..  Setelah selesai 2 bagian tes psikotes lanjut tes bahasa inggris, basicly tes nya sama kaya yg lain sih grammar, trs ada error recognition,  dan reading. Cuma paling ada istilah2 penerbangan yg mungkin kita sbg org awam jarang denger yaa.. selesai tes jam 7 malam. Berangkat dr jam 7 pagi sampai selesai jam  7 malam lumayan lelah juga hehehe setelah itu disuruh tunggu email buat tau lolos atau engga nyaa.. Hr minggu gw penuh dengan ke was2 an tunggu email haha (lebay)  senin juga blm adaa kabar,  akhirnya hari selasa jam 17.15 gw dapet email LOLOS ke tahap selanjutnyaa  !!! Gw langsung sujud syukur bisa sampai tahap sekarang...
dikasih tau schedule buat interview potensi dan background check, kebetulan gw dapet beda hari jd musti bolak balik ke GCC (garuda city center) 2x  tapi gapapa gw jalani dengan ikhlas kok demi mencapai impian gw hahaha
5. Interview potensi
19 july 2018
Gw dpr schedule jam 7.30 harus sudah di tempat, dan karena gw nyasar cari2 alamat gw dtg telat jam 8  sempet hampir mau pulang karena udah telat kaaan, and as always my mom is supporting me buat ttp dtg kesana akhirnya gw ttp dateng walaupun udah telat dan masih boleh masuk hehehe.  Gw dapet urutan ke 2 buat interview, interviewnya santai, tapi inget jgn terlalu kebawa suasana karena kita ttp dinilai dr segi bicara, sama tingkah laku.. Ditanya nya yaa seputar diri sendiri aja sih sama pengalaman kerja, trs bagaimana menghadapi complain, bagaimana cara kita melayani tamu (berhubung gw ada experience di hotel hehe jd ditanya ini) kira-kira 1.5 jam gw di interview setelah itu boleh pulang karena background check di hari yang berbeda. Oiyaa saran gw nih yaa kalian di interview potensi ini jgn sekali2nya berbohong karena kita di interview sama psikolog gituuuu,  dan gw jg gak tau sih bisa tebak lolos apa engga karena dinilai dr sisi psikologi yang notabene gw gak paham hehe
6. Background check
Nah disini kita di cek nih latar belakang keluarga (kakek nenek om tante) , pendidikan, dab pekerjaan. Isi form segitu banyak dikasih waktu setengah jam,  oiya utk ngisi form keluarga kita diizinkan menggunakan hp utk komunikasi dgn keluarga dirumah misalnya tanya alamat or tgl lahir keluarga kita gitu.. Trs ada soal essay yg isinya tentang keagamaan, pancasila, pokoknya nasionalisme gt,  sama cara pandang kita terhadap terorisme dan nepotisme.. Setelah semua selesai,  kita disuruh tunggu di luar buat interview lagi sama dewan keamanan dari garuda indonesia.. Ditanya seputar keluarga, pendidikan, sama pengalaman organisasi sama kerja gituuu. Kunci nya jujur aja sih ya karena kalo sekali kita bohong, pasti seterusnya akan bohong hehehe..
Setelah selesai boleh pulang dan tunggu kabar dr email, setelah 2 minggu lamanya akhirnya gw terima email dan gw LOLOS dong hehehe alhamdulillah.. Lanjut ke tahap medex
7. Medex (Medical Examination)
Sampailah tahap dimana seluruh aspek kesehatan kita dr ujung kepala sampai ujung kaki di periksa hehe (ga segitunya sih). Disini kita bakal di cek mulai dr urine (penggunaan obat2an) , darah(kolesterol, gula darah, dll), gigi, pendengaran, jantung, paru2, dan sebagainya. Gw saranin sebelum medex kalian harus prepare banyak minum air putih, olah raga, makan sayur dan buah, kurangin makanan berlemak yg menyebabkan kolesterol.. Oiya buat kalian yg matanya minus lebih dr 3 gw saranin minum jus wortel setiap hari, kurangin main gadget, komputer, supaya minusnya berkurang hehe karena di tahap ini lah gw gagal  karena mata gw -5.00 (kiri)  -4.75 (kanan)  dan menyebabkan gw UNFIT for flight huhu... But next time gw bakal coba lagi hehehe
Sekian itu aja pengalaman gw mengikuti seleksi pramugara garuda indonesia,  gak ada yg perlu di sesali jika kita belum bisa meraih mimpi atau masih terhalang dengan alasan2 lain, karena gw yakin, tuhan pasti punya hadiah yg lebih indah buat gw hehehe. Semoga kalian Flight Attendant wanna be bisa cepet2 jadii FA yaa
For further information kindly please contact me at : rezaarsyad36@gmail.com or instagram : @rezarsyadd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar